Memberi Efek Api Pada Teks Menggunakan Adobe Photoshop

Advertisemen


Kali ini saya akan mencoba membuat efek api pada teks, seperti ini nih gan:


Gimana, tertarik ga..??
Jika kalian ingin mencobanya juga, kita buat bareng-bareng yuk..??

Hal/bahan yang harus dipersiapkan antara lain:
  1. Adobe Photoshop versi berapa aja.                                                                                      Mengapa harus pake Photoshop..?? Karena kalo pake cobek, itu mau nyambal atau ga bikin pecel. Hahahah..ga lucu ya..!!                                                  
  2. Gambar Api, silahkan download gambarnya dibawah ini:                                                                     Api 1 download
    Api 2 download
  3. Secangkir kopi hangat dan cemilannya biar mata lebih seger. 

OK, langsung saja kita menuju ke TKP:

  • Buat dokumen baru File > New (Ctrl+N). Ukuran bebas disini saya membuat dokumen dengan ukuran Width: 800 dan Height: 500. Untuk Resolution memakai 72 Pixels/Inch. Lihat gambar:

  • Rubah Layer Background menjadi Layer 0. Caranya klik kanan pada Layer Background dan pilih Layer from Background kemudian OK.
  • Kemudian buat Gradiasi warna dengan cara pilih Layer > Layer Style > Gradient Overlay dan atur seperti berikut:


Nih gan hasilnya setelah diberi efek Gradient Overlay






  • Selanjutnya silahkan buat teks terserah kalian. Disini saya akan buat teks dari nama saya Koer Nia One memakai font FRANKENFOOTER. Usahakan cari jenis font/huruf yang keren gan. Untuk warna teks pilih saja warna putih.
  • Sekarang kita akan memainkan Blending pada teks. Pililh Layer teks kemudian klik Layer > Layer Style > Blending Options > Outer Glow atau klik kanan pada Layer teks kemudian pilih Blending Options > Outer Glow. Dan atur seperti ini:


  • Beri lagi efek pada teks yaitu efek Inner Glow. Blending Options > Inner Glow. Lihat gambar:

  • Masih tetap gan kita memainkan Blending. Sekarang pilih Color Overlay dan atur seperti gambar dibawah ini:
     
  • Beri lagi efek Satin brow, caranya masih tetap sama Blending Optons > Satin. Tetap dong kita atur lagi gan, seperti ini nih:

  • Akhirnya kita selesai juga memberi efek Blending pada teks. Wuish, tapi itu belum selesai gan...Masih ada beberapa langkah lagi untuk menyempurnakannya. Kan sekarang teksnya baru begini gan hasilnya:

  • Mari kita lanjutkan misi kita...Ceu' ileeeh misi..kaya perang aja pake kata misi segala, Hahahah..!!
    Tenang aja brow, ga usah serius-serius amat..pak Amat aja ga gitu-gitu amat, tapi pak Amat itu amat teramat sangat..??
    Pusing-pusing loh..!!
    Ma'af sudah bikin pusing kalian gan...
    Sekarang kita Duplikat Layer teks, caranya klik kanan dan pilih Duplicate Layer atau yang jika ingin lebih simple tekan (Ctrl+J) pada keyboard.
    Jika sudah diduplikat, pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur dan aturlah Radiusnya terserah kalian. Kalo saya sih diatur menjadi 5.0 pixels.

Maka akan seperti ini brow hasilnya setelah diberi efek Gaussian Blur


  • Sekarang kita masuk ketahap memberi efek api pada teks. Silahkan buka gambar api yang sudah kita download tadi diawal (Ctrl+O). Kemudian lakukan seleksi pada gambar api tersebut kemudian drag pada lembar kerja "teks yang sudah kita buat tadi".
    Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar berikut penjelasannya dibawah ini:

  1. Pilih Channels dan hilangkan tanda mata pada RGB, Red & Blue. Untuk Green jangan dihilangkan.
  2. Lakukan seleksi pada bagian api menggunakan Magic Wand Tool (W) dengan cara klik pada background api.
  3. Setelah Gambar api terseleksi kemudian klik Load channel as selection dan kembalikan Channels seperti semula "munculkan tanda mata" kemudian drag pada lembar kerja.
  • Setelah didrag pada lembar kerja silahkan atur efek apinya sesuai dengan selera kalian. Buka kembali gambar api yang lainnya, kemudian lakukan seleksi seperti tadi dan drag pada lembar kerja. Atau jika kalian tidak ingin cape, duplikat saja gambar api tadi kemudian atur dengan posisi yang berbeda, saya juga begitu gan.
  • Untuk proses finishingnya hapuslah bagian-bagian api yang tidak diinginkan menggunakan Eraser Tool (E).

Nih hasil dari saya, kalo kalian gimana gan hasilnya..??



Jelek ya...??
Ga apa-apalah, namanya juga newbie..
Tapi biarpun newbie, yang penting ga pelit dalam berbagi ilmu... ni download aja gan

Terima kasih..





Advertisemen